Senin, 26 Maret 2018

7 Cara Desain Dapur Minimalis Semi Open Plan yang Menawan


7 Cara Desain Dapur Minimalis Semi Open Plan yang Menawan

Apakah Anda sudah mengetahui desain semi open plan? Desain semi ruang terbuka ini tergolong baru dan merupakan inovasi dari desain interior. Banyak ruang yang sudah menerapkan desain tersebut, termasuk dapur minimalis. Ruang dapur yang terbatas akan terlihat lebih luas jika didesain secara semi open plan.
Dalam hal ini, dapur terletak di satu ruangan dengan ruang lain di sebelahnya. Tidak ada sekat yang secara keseluruhan membatasi keduanya, tetapi keduanya dibatasi dengan batas yang sebagian kecil saja, seperti dinding sempit yang dibangun sebagai pertanda batas, tirai, rak kecil, gerbang, dll. Agar terlihat lebih menawan, maka 7 cara desain ini bisa diterapkan.

1.    Dapur Bernuansa Putih
Kesan luas dalam dapur berukuran minimalis dapat diciptakan dengan tema ruangan yang serba putih. Nuansa elegan dan terang bisa mengoptimalkan kenyamanan dalam dapur yang terbatas. Tema ruangan yang serba putih tersebut bisa dipadukan dengan warna lain yang cenderung lebih gelap, seperti merah bata, hitam, cokelat, biru, dan sebagainya.

2.    Nuansa Furnitur yang Modern
Keindahan dapur yang minimalis saat ini bisa ditampilkan dengan pemakaian furnitur yang modern atau bahkan futuristik. Perlengkapan dapur yang kekinian bisa Anda dapatkan dengan mudah karena tersedia dalam banyak varian model, warna, dan ukuran. Pilihlah yang paling sesuai dengan selera dan juga ukuran dapur Anda.

3.    Gerbang Rustic sebagai Batas Antar Ruang
Dapur dengan desain semi open plan ini bisa dibatasi dengan gerbang rustic yang ada di antara dapur dengan ruang di sebelahnya. Batas berupa gerbang rustic ini juga memperindah nuansa dapur. Gerbang rustic ini bisa diciptakan melalui batu bata atau kayu yang berukuran sempit saja karena sebagai media pembatas dalam ruang semi open plan.

4.    Hiasan Dapur
Dapur minimalis akan lebih menawan jika dilengkapi dengan hiasan dapur yang indah atau unik. Dengan demikian, kenyamanan saat berada di dapur akan meningkat. Hiasan dapur yang dapat diberikan adalah ornamen dinding, lukisan, atau anyaman dari bambu yang membentuk suatu ikon. Hiasan dari barang bekas juga bisa dipilih untuk nuansa dapur rustic.

5.    Pencahayaan yang Tepat
Sistem pencahayaan yang memadai sangat dibutuhkan di setiap ruangan. Bagi ruang dapur yang minimalis, pencahayaan harus memadai agar tidak gelap dan nuansa bisa lebih leluasa jika suasana terang. Karenanya, berikan ventilasi yang memadai. Jika perlu, tambahkan jendela untuk pertukaran udara.
Untuk penerangan di malam hari atau ketika keadaan gelap, maka Anda harus memberikan lampu yang terang. Dengan demikian, proses memasak atau menyiapkan makanan di malam hari tetap nyaman karena terang.

6.    Tanaman sebagai Penyejuk Ruangan
Dalam desain dapur yang minimalis dengan konsep open plan, Anda bisa melengkapinya dengan tanaman sebagai penyejuk ruangan. Anda bisa memberikan tanaman hias dalam pot sebagai hiasan atau tanaman bunga di dalam vas.

7.    Komponen Cermin di Dapur
Penggunaan komponen cermin di dapur yang minimalis sangat dianjurkan untuk menambah nuansa terang di dalamnya. Pencahayaan ketika siang hari bisa dipantulkan oleh cermin, sehingga bisa lebih terang. Anda bisa memilih jenis cermin yang unik, klasik, modern, ataupun desain yang futuristik. Dengan demikian, dapur mampu tampil lebih menawan.
Berbagai cara desain dapur semi open plan tersebut sangat cocok diterapkan. Nuansa rumah Anda akan lebih berwarna dan tampil beda. Banyak hal menarik yang bisa diterapkan di sana. Dapur minimalis Anda bisa ditata dengan hiasan yang cantik melalui konsep semi open plan yang leluasa. Suasana dapur menjadi lebih fresh dan lebih nyaman digunakan.

0 komentar:

Posting Komentar