Jumat, 09 Februari 2018

Yakin Sudah Siap Membeli Rumah Tahun Ini?

Yakin Sudah Siap Membeli Rumah Tahun Ini?

Anda mungkin telah menyisihkan sejumlah pendapatan sebagai uang muka untuk membeli rumah impian. Kemudian Anda melakukan penelusuran, baik itu melalui pencarian daring dan menyambangi pameran perumahan.

Namun, apakah saat ini benar-benar waktu yang tepat bagi Anda membelanjakan tabungan tersebut untuk membeli rumah?

1. Siapkan merawat rumah?

Salah satu perbedaan mendasar dalam menyewa atau membeli rumah adalah tanggung jawab untuk memelihara rumah.

Artinya begini, ketika toilet rumah rusak, siapkah Anda memperbaikinya atau mempekerjakan seseorang untuk melakukannya. 

Atau, ketika alat pencuci piring rusak, apakah Anda siap untuk membeli yang baru? Bertanggungjawab terhadap rumah membutuhkan biaya yang besar dan waktu luang yang panjang. 

Ini berarti, pada saat akhir pekan Anda juga harus meluangkan waktu untuk membersihkan rumah dan taman Anda, bila ada. Hal lain yaitu mengecat dinding kamar ketika sudah mulai kusam. 

Setidaknya, anggaran yang cukup harus disiapkan setiap tahunnya untuk merawat rumah Anda. 

2. Siapkah tabungan untuk keperluan tak terduga?

Biasanya, dibutuhkan uang muka 10 persen dari total harga saat membeli rumah. Tapi kalau mau aman paling tidak siapkan uang 20 persen dari total harga. 

Namun Anda harus menyiapkan uang tambahan untuk keperluan lain. Entah itu mengurus surat-surat, perizinan, atau justru untuk mengisi bagian dalam rumah Anda. 

3. Sudah siap berjalan jauh?

Ketika membeli rumah, ada tiga hal yang harus dipikirkan. Pertama, apakah rumah itu mampu dibeli. Kedua, bagaimana lokasi rumah itu. Ketiga, ukuran serta fasilitas yang ditawarkan.

Ada tambahan, yaitu merombak rumah untuk menyesuaikan dengan kebutuhan.

Berbekal ketiga hal tersebut, Anda jangan mengambil sebuah keputusan secara emosional dan tidak bijaksana. Biasanya, Anda ingin mewujudkan fantasi dalam membeli rumah. 

Perhitungkan kemampuan finansial. Karena jangan sampai Anda justru belum siap. 

4. Sudahkan membuat perencanaan di masa depan?

Memang tidak ada yang tahu bagaimana masa depan seseorang. Tapi ada baiknya Anda membuat gagasan tentang masa depan tersebut 

Misalnya, Anda atau pasangan berencana melanjutkan S2 tahun depan, lantas apakah Anda akan pindah? Bila sudah berkeluarga, bagaimana lokasi sekolah terdekat?

Memastikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut akan menjadi salah satu pertimbangan, apakah Anda harus membeli rumah sekarang atau nanti.

Bisa jadi, Anda membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk menabung agar mendapatkan rumah yang sesuai harapan.

0 komentar:

Posting Komentar